A.
Adaptasi Tubuh Dalam
Penerbangan
Manusia berevolusi untuk hidup di darat dan semua organ tubuh dapat
bekerja dan berfungsi dengan baik dalam kondisi lingkungan darat yang
mengelilinginya.
Tubuh saat dalam penerbangan mengalami gejala- gejala aneh, yaitu
tajam penglihatan dan pendengaran menurun, kedua belah anggota badan menjadi
lumpuh dan bahkan sampai jatuh pingsan (dilakukan percobaan oleh Clasher pada
tahun 1862).
Paul Bert, seorang ahli ilmu faal Perancis, sangat tertarik dengan
kejadian tadi dan pada tahun 1874 mengadakan percobaan dengan menggunakan kabin
bertekanan rendah untuk melihat perubahan apa yang dapat terjadi nakan kantong
oksigen tanpa mengalami gangguan. Pada waktu pesawat udara masih sederhana,
yang tinggi terbangnya belum besar dan kecepatannya masih rendah, telah banyak
kecelakaan-kecelakaan yang terjadi, sebagian besar ternyata disebabkan oleh
kurang mampunya tubuh penerbang menghadapi perubahan-perubahan atau
bahaya-bahaya yang timbul pada penerbangan. Hal ini terbukti pada
penelitian-penelitian yang dilakukan pada perang dunia pertama, kira-kira 90%
kecelakaan udara disebabkan karena penerbang tidak atau kurang tahan uji
terhadap bahaya penerbangan.
Sejak Perang Dunia ke I selesai Ilmu Kesehatan Penerbang- an
mendapat tempat yang layak dalam dunia kesehatan, sehingga perkembangannya
makin pesat. Sedang pada akhir-akhir ini dengan kemajuan teknologi penerbangan,
Ilmu, Kesehatan Penerbangan berkembang dan bahkan sekarang telah menjadi Ilmu
Kesehatan Penerbangan dan Ruang Angkasa.
B.
Preflight Assesment and Medical
Clearance
Penilaian pra-penerbangan harus memasukkan
langkah-langkah berikut dalam banyak kasus:
1.
memperkirakan
tingkat yang diharapkan dari hipoksemia di ketinggian.
2.
mengidentifikasi
kondisi penyakit co-morbid.
3.
meresepkan O2
jika perlu. Konseling pasien dan
mendokumentasikan kondisi klinis terbaru dan tes laboratorium juga unsur
diinginkan pra-penerbangan perawatan pasien, terutama jika pasien bepergian ke
luar negeri.
Saat ini, dua cara yang paling luas memperkirakan
tingkat hipoksemia pada ketinggian terdiri dari tes inhalasi hipoksia dan penggunaan regresi
formula.
Penggunaan batas tingkat tekanan O2 laut dari 68-72 mmHg sebagai aman atau tidak aman akan misclassify
banyak pasien dan tidak dianjurkan.Hipoksia Inhalasi Tes uji inhalasi hipoksia (HIT) memberikan kesempatan
untuk menilai efek hipoksemia normobaric pada individu pasien dengan COPD. Namun, gejala, dan (EKG)
elektrokardiogram kelainan jarang terjadi selama paparan singkat hipoksia pada
pasien dengan COPD rumit.Pada permukaan laut, HIT harus mengekspos pasien untuk O2 15,1%
(2.438 m simulasi (8.000 kaki)), bernapas dari reservoir melalui corong dengan
klip hidung di tempat selama 15-20 menit dengan pemantauan EKG 12-lead untuk
iskemia. Primer end-point untuk HIT terdiri dari pengambilan sampel darah
arteri dalam posisi tegak dalam banyak kasus. Oksimetri pulsa cenderung
meremehkan tingkat hipoksia Hypobaric akut dan tidak boleh digunakan sendiri
untuk memutuskan apakah hipoksemia signifikan telah terjadi. Oksimetri pulsa
dapat digunakan untuk titrasi suplementasi O2 dan menghindari jarum suntik
ganda untuk pengujian gas darah. Lead EKG harus digunakan pada pasien yang
dipilih untuk memantau iskemia dan aritmia.
Calon HIT dapat meliputi:
1.
pasien PPOK
dengan co-morbid penyakit yang mungkin akan terpengaruh oleh hipoksemia
(penyakit arteri koroner, gagal jantung kongestif, aritmia dan penyakit jantung
lainnya, penyakit serebrovaskular, anemia, gangguan kejang dan penyakit neurologis
lainnya, dan penyakit pembuluh darah paru termasuk emboli paru).
2.
pasien PPOK
yang sebelumnya diwujudkan gejala selama perjalanan udara.
3.
pasien PPOK
pulih dari eksaserbasi akut.
4.
pasien PPOK
dikenal untuk mengembangkan hipoventilasi dengan O2 administrasi.
5.
PPOK pasien
yang memiliki persamaan regresi prediksi ketinggian Pa, O2 yang
batas.
6.
PPOK pasien
yang memerlukan jaminan tambahan sebelum memulai perjalanan udara.
Regresi Persamaan. Persamaan regresi menawarkan kesempatan untuk
membandingkan individu untuk kelompok pasien dengan karakteristik klinis serupa
yang sebelumnya telah dipelajari selama paparan hipoksia Hypobaric. Pendekatan regresi tidak
menilai kerentanan individu untuk pengembangan gejala atau perubahan EKG selama
hipoksia. Persamaan regresi dapat digunakan sebagai alat skrining untuk
mengidentifikasi pasien dengan borderline Pa, O2 memperkirakan untuk
pengujian lebih lanjut dengan HIT. The alveolar / arteri O2 gradien (PA-a,O2)
dan alveolar / arteri rasio O2 umumnya tidak memiliki keuntungan lebih
persamaan regresi. Selanjutnya, gradien alveolar / arteri di permukaan laut
tidak boleh diasumsikan konstan pada ketinggian.
Waktu pra-penerbangan pengujian harus berada dalam
2-14 hari perjalanan jika praktis. Sebuah studi sebelumnya yang membandingkan
HIT (O2% 17,2 di permukaan laut) dengan 1.650 m (5.413 kaki) penerbangan 3
minggu sampai 4 bulan kemudian pada 13 pasien PPOK menemukan variabilitas yang
cukup besar hingga 1,5 kPa (11 mmHg) di Pa, O2 nilai. Penilaian dalam waktu 2
jam penerbangan memiliki akurasi yang lebih besar, tetapi kepraktisan kurang.
C. Jet Lag
Bepergian
jauh dengan pesawat terbang terkadang membuat orang mengalami jetlag.
Jetlag atau desynchronosis adalah gangguan temporer pada jam
biologis tubuh manusia akibat terbang melewati banyak perbedaan zona waktu.
Tubuh seakan tidak diberi kesempatan yang cukup untuk beradaptasi melewati zona
waktu yang berbeda secara cepat sehingga antara jam biologis tubuh dengan siang
malamnya kondisi di tempat tujuan tidak lagi sesuai.
Gejala
umum yang muncul pada orang yang mengalami jetlag adalah sulit tidur,
kelelahan yang sulit hilang, bahkan melakukan balas dendam tidur setelah tiba
di tempat tujuan, serta kehilangan selera makan dan tidur.
Terbang
ke wilayah barat lebih menyebabkan jetlag ketimbang terbang lama ke
arah timur. Ini disebabkan terbang ke arah barat waktu siang yang dirasakan
lebih lama sehingga saat tidur di malam hari di tempat tujuan, seseorang tidak
merasa mengantuk lagi.
Cara
mencegah, mengurangi, dan mengatasi munculnya gejala jetlag sebagai
berikut:
1. Tidur
yang cukup di malam hari sebelum terbang.
2. Ubah
jam tangan Anda saat akan terbang disesuaikan dengan waktu tempat tujuan.
3. Jika
terbang ke arah barat (misalnya dari Jakarta ke Amsterdam) dan Anda tiba di
Amsterdam di waktu pagi, siang, atau sore, tetaplah terjaga hingga malam tiba.
Setelah itu, barulah Anda tidur saat malam tiba dan sesuai jam tidur, misalnya
jam 9 malam waktu Amsterdam. Dapat juga dengan mengubah tidur lebih siang saat
Anda berada di Jakarta. Di pagi hari perbanyaklah berjalan-jalan di luar rumah
dan kurangi berada di luar rumah saat sore hari.
4. Jika
terbang ke arah timur (misalnya dari Paris ke Jakarta), cobalah tidur di
pesawat saat waktu malam tiba sesuai jam tangan Anda yang telah sesuai dengan
waktu tempat tujuan (Jakarta). Saat tiba di tempat tujuan, kurangi kontak
dengan cahaya pagi hari, dan lebih banyak kontak dengan cahaya sore hari. Tetap
usahakan tidak tidur selama waktu siang karena akan lebih lama lagi adaptasi
tubuh terhadap siang-malam waktu lokal Jakarta.
5. Jika
memungkinkan, beradaptasilah dulu terhadap zona waktu yang baru sekitar
satu-dua hari setelah mendarat, sebelum Anda melakukan aktivitas yang normal
atau memulai pekerjaan rutin.
6. Cobalah
sebanyak mungkin beraktivitas di luar rumah yang langsung berhubungan dengan
sinar matahari saat siang hari, sehingga tubuh lebih beradaptasi terhadap
"rasa siang hari". Ini karena cahaya sinar matahari cukup membantu
untuk beradaptasi yang lebih cepat terhadap jam biologis yang baru.
7. Pilih
penerbangan langsung tanpa transit atau transfer dengan waktu yang lama. Dengan
cara ini Anda bisa lebih rileks.
8. Lakukan
latihan ringan selama dalam penerbangan. Pada beberapa penumpang, membaca cukup
efektif mengurangi efek jetlag karena secara psikologis rasa bosan juga
mengurangi rasa munculnya jetlag.
Secara umum waktu yang dibutuhkan untuk adaptasi di
zona waktu yang baru adalah satu-dua hari. Jika zona waktu yang dilewati
sekitar 12 jam, ini adalah waktu paling besar yang memungkinkan terjadinya jetlag.
Pada keadaan ekstrem, adaptasi bisa sampai dua pekan pada orang-orang tertentu.
D. Motion Sickness
Kalau mengacu dari istilahnya dalam bahasa Inggris, motion
= gerakan, maka mabuk jalan ini adalah suatu sickness (penyakit,
gangguan) yang disebabkan oleh adanya gerakan. Penyakit ini merupakan gangguan
yang terjadi pada telinga bagian dalam (labirin) yang mengatur
keseimbangan, dan disebabkan karena gerakan yang berulang, seperti gerak ombak
di laut, pergerakan mobil, perubahan turbulensi udara di pesawat, dll.
Gerakan dirasakan oleh otak melalui 3 jalur pada sistem saraf, yang
akan mengirim signal dari telinga bagian dalam (perasaan terhadap gerakan,
percepatan, gravitasi), dari mata (penglihatan), dan jaringan lebih dalam pada
permukaan tubuh manusia (yang disebut proprioceptors). Ketika tubuh
digerakkan dengan sengaja, misalnya kita jalan, input dari ketiga jalur tadi
akan dikoordinasikan oleh otak. Ketika terjadi gerakan yang tidak disengaja,
seperti ketika mengendarai mobil, kadang otak tidak bisa mengkordinasikan
ketiga input tadi dengan baik. Adanya konflik dalam koordinasi 3 input tadi
diduga menyebabkan orang merasa mabuk jalan atau motion sickness,
dengan gejala mual, pusing, sampai muntah. Konflik input dalam otak ini diduga
melibatkan level neurotransmiter yaitu histamin, asetilkolin, dam norepinefrin.
Karena itu, obat yang bekerja melawan motion sickness adalah obat yang
mempengaruhi atau menormalkan lagi level neurotransmiter ini di otak.
Cara pengatasan
motion sickness
Walaupun ada 3 neurotransmiter yang terlibat, tetapi saat ini obat
yang paling sering dipakai untuk mengatasi mabuk jalan adalah antihistamin.
Obat ini bekerja memblok reseptor histamin di otak yang berada di chemoreceptor
trigger zone (CTX) yang mengkoordinasikan input2 tadi. Obat ini bisa
mencegah mual, muntah, dan pusing akibat mabuk jalan. Antihistamin yang sering
dipakai adalah dimenhidrinat (ada berbagai nama paten), namun demikian
bisa juga digunakan obat antihistamin lainnya. Obat sebaiknya diminum sebelum
perjalanan dimulai. Bisa juga sih menggunakan antimuskarinik seperti beladonna atau
scopolamin,
tapi ini adalah obat lama yang sudah jarang dipakai.
Caranya mencegah atau
meminimalkan motion sickness
Jika Anda termasuk yang gampang mabuk perjalanan, ada beberapa hal
yang mungkin bisa dilakukan untuk mencegah mabuk jalan:
1.
Naiklah kendaraan di bagian di
mana mata Anda akan melihat gerakan yang sama dengan yang dirasakan oleh tubuh
(jadi jangan duduk menghadap ke belakang misalnya, atau di samping, yang tidak
searah dengan gerakan mobil). Kalau di mobil atau bus, duduklah di depan dan
lihat pemandangan. Kalau di kapal, pergilah ke dek dan melihat gerakan horizon.
Kalau di pesawat, duduklah dekat jendela dan melihat keluar. Juga duduklah di
bagian dekat sayap, di mana gerakan terasa paling minimal.
2.
Jangan membaca di perjalanan
3.
Jangan melihat atau bicara
dengan orang lain yang juga gampang mabuk jalan
4.
Hindari bau-bauan yang kuat,
makanan yang berbumbu tajam, terutama sebelum dan selama perjalanan.
5.
Gunakan obat anti mabuk. Ada
studi melaporkan bahwa jahe bisa mengurangi mabuk jalan, jadi bisa juga dicoba
minum wedang jahe atau mengulum permen jahe, walaupun mungkin hasilnya akan
bervariasi antar orang.
E. Inflight Medical Emergencies
Lebih dari satu miliar orang perjalanan melalui
udara setiap tahun, dan hanya seperti populasi pada umumnya, kelompok besar
wisatawan adalah penuaan. Selain itu, lebih senior dan lebih banyak terbang
dari sebelumnya, sebuah tren yang mengkhawatirkan tentang dokter dalam
penerbangan darurat yang mereka semakin sering dipanggil untuk mengobati.
Dalam sebuah makalah 2012 di Clinical Geriatrics,
kebijakan kesehatan profesor Richard Stefanacci menguraikan tantangan yang
berkembang untuk dokter - sebagai wisatawan sendiri - ketika mereka ditekan
menjadi layanan untuk membantu sesama penumpang dalam kesulitan, serta tanggung
jawab yang orang tua menanggung, untuk memastikan mereka cukup baik untuk
terbang.
Tinjauan Stefanacci ini menambah pertumbuhan badan
penelitian yang menunjukkan konsistensi antara prosedur penerbangan, pelaporan,
pelatihan, dan peralatan onboard diperlukan untuk kesehatan dan perlindungan
dari semua wisatawan udara.
Untungnya, sementara tingkat kematian onboard, dua
kali lipat 2002-2005, menurut Stefanacci, mereka tetap relatif jarang. Onboard
darurat dari semua jenis sedang meningkat: kertas 2011 oleh Harvard Medical
School profesor Melissa Mattison dan Mark Zeidel, diterbitkan dalam Journal of
American Medical Association, mengutip sebuah survei maskapai penerbangan Eropa
yang mengungkapkan 10.000 peristiwa darurat medis selama lima tahun.
Peraturan tertentu, seperti langkah pada tahun
2001 oleh US Federal Aviation Administration (FAA) untuk meminta pesawat dengan
setidaknya satu pramugari untuk membawa defibrillator eksternal otomatis, telah
meningkatkan hasil secara signifikan. Tapi penulis Mattison dan Zeidel sangat
penting dari praktek saat ini, dan menulis bahwa ada ruang besar untuk
perbaikan dalam cara onboard yang darurat medis ditangani.
Jenis keadaan darurat inflight: Sementara beberapa
peneliti meratapi kurangnya rekaman standar keadaan darurat seperti - membuat
penghitungan diandalkan sulit untuk menemukan - ada survei dan laporan yang
memberikan informasi tentang masalah kesehatan yang paling umum.
Penyebab terbesar kematian dalam penerbangan:
masalah jantung, termasuk serangan jantung. Yang darurat onboard yang paling
umum, sesuai dengan kertas Stefanacci, adalah hilangnya kesadaran sementara,
atau pingsan. Masalah lain termasuk hiperventilasi, gejala jantung seperti
sesak napas dan nyeri dada, masalah pencernaan, dan komplikasi akibat diabetes.
Sementara wisatawan lebih tua banyak yang menyadari risiko trombosis vena,
gangguan yang berpotensi mengancam nyawa pembekuan darah, hanya sekitar 200
kasus di seluruh dunia dilaporkan 1993-2003, menurut internasional Aerospace
Medical Association (Asma) di yang Medis Pedoman Perjalanan Airline.
Jika keadaan darurat medis muncul dalam
penerbangan, sang kapten kemungkinan akan mengeluarkan panggilan pada sistem
alamat publik untuk melihat apakah dokter yang tersedia untuk membantu. Anehnya
- karena apakah dokter onboard adalah masalah kesempatan - sebuah studi 1991
FAA menemukan dokter yang tersedia di 85% dari keadaan darurat direkam.
Penumpang dokter biasanya dilindungi oleh
undang-undang Samaria yang baik, asalkan mereka tidak melampaui bidang keahlian
mereka, dan tidak mabuk. Mereka dipandang sebagai sukarelawan, melengkapi upaya
awak kabin, bukannya mengesampingkan mereka.
Onboard kit darurat: Saat FAA memerlukan sejumlah
elemen untuk dibawa dalam kit darurat pada pesawat AS papan komersial. Ini
termasuk peralatan seperti jarum suntik, jarum dan stetoskop, serta obat-obatan
seperti nitrogliserin untuk gagal jantung dan angina, epinefrin, dan
antihistamin untuk memerangi reaksi alergi. Banyak maskapai penerbangan
menambah kit darurat mereka dengan komponen tambahan.
Tantangan bagi dokter onboard yang: Hanya
mengambil riwayat pasien di tempat sempit kabin bisa jadi sulit untuk dokter,
ketika dipanggil untuk membantu. Laporan JAMA menyebutkan tantangan yang
dihadapi beberapa tambahan oleh dokter mengobati sesama penumpang.
Mereka meliputi:
1.
Ruang
terbatas yang tersedia untuk mengobati penumpang sakit
2.
Kit darurat
onboard tidak menjadi tersedia
3.
Terbiasa tata
letak dan isi dari kit darurat
4.
Pramugari
tersedia untuk membantu
Selain itu, daftar Stefanacci kurangnya
ketersediaan alat diagnostik dan pengobatan, dan staf medis pendukung, serta
perubahan fisiologis yang dapat terjadi dengan tekanan udara rendah dan
kelembaban relatif pada 30.000 kaki, sebagai faktor membuat pekerjaan dokter
lebih sulit.
Rekomendasi untuk meningkatkan penumpang perawatan
pasien: Harvard profesor Mattison dan Zeidel membuat sejumlah industri-lebar
saran untuk memastikan hasil yang membaik dalam hal darurat onboard:
1.
Sebuah sistem
standar untuk merekam semua dalam penerbangan darurat, dengan pelaporan wajib
untuk lembaga seperti US National Transportation Safety Board
2.
Tindak lanjut
pembekalan semua staf dan dokter yang terlibat dalam keadaan darurat
3.
Desain kit
darurat medis standar, dengan semua komponen dikemas dalam mode standar
sehingga mereka identik pada setiap pesawat dan mudah dinavigasi untuk dokter
4.
Peningkatan
pelatihan bagi pramugari dalam cara untuk membantu tenaga medis dalam keadaan
darurat
5.
Penugasan
satu pramugari kepada pasien dalam kesusahan
6.
Standar akses
terhadap tanah berbasis dukungan medis untuk awak pesawat (saat ini banyak,
tapi tidak semua, maskapai penerbangan mensubkontrakkan pelayanan tersebut
dalam acara dokter tidak onboard)
7.
Ongoing
revisi prosedur darurat
Meskipun protokol standar dapat membantu Anda
bertahan masalah dalam penerbangan medis, pendekatan terbaik adalah untuk
mencoba dan menghindari darurat di tempat pertama. Stefanacci dan lain-lain
merekomendasikan evaluasi pre-flight oleh dokter atau penyedia layanan
kesehatan, untuk memastikan Anda cocok untuk perjalanan. Untuk saran pada
kondisi tertentu, seperti penyakit jantung dan diabetes, serta pertimbangan
penerbangan untuk pasien yang baru saja menjalani operasi, konsultasikan
publikasi Asma Pedoman medis untuk Perjalanan Airline.
Daftar Pustaka
American Thoracic Society. Pre-Flight Assessment. http://www.thoracic.org/clinical/copd-guidelines/for-health-professionals/management-of-stable-copd/air-travel/pre-flight-assessment.php (diakses tanggal 12 Juli 2013)
New Medical. 2013. Jet Lag. http://www.news-medical.net/health/Jet-Lag-What-is-Jet-Lag-%28Indonesian%29.aspx
(diakses tanggal 12 Juli 2013)
Sharon Basaraba. 2013 . In-Flight Medical Emergencies for Older Travelers. http://longevity.about.com/od/optimizemedicalcare/a/In-Flight-Medical-Emergencies-For-Older-Travelers.htm translate.google (diakses tanggal 12 Juli 2013)
Wikipedia bahasa Indonesia. 2012. Aerofisiologi. http://id.wikipedia.org/wiki/Aerofisiologi (diakses tanggal 12 Juli 2013)
Zullies Ikawati. 2010. Melawan Mabuk Perjalanan
(Motion Sickness). http://zulliesikawati.wordpress.com/tag/motion-sickness/
(diakses tanggal 12 Juli 2013)